Yuk Intip Tips Pengiriman Barang Ke Makassar Murah dan Aman

Saat ini banyak orang yang memulai bisnis dengan membuka usaha online, mungkin Andajuga salah satunya. Umumnya cakupan wilayah dari toko online bisa sampai seluruh Indonesia, termasuk juga kadang berbeda kota atau pulau. Misalkan saja saat Anda berada di kota Surabaya dan pembeli berlokasi di Kota Makassar, sehingga harus melakukan pengiriman barang ke Makassar. Lantas bagaimana cara agar pengiriman tersebut aman dan juga murah? Yuk simak tipsnya disini.

Tips Kirim Barang Aman dan Murah Ke Kota Makassar

1. Tentukan Service yang Dibutuhkan

Salah satu tips yang perlu Anda ketahui supaya bisa berkirim barang ke Makassar yakni dengan memilih jenis layanan yang dibutuhkan. Umumnya terdapat dua jenis layanan yang dimiliki oleh jasa ekspedisi Makassar, yakni door to door atau door to port. Kedua jenis layanan ini tentunya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing masing tergantung dari perusahaan ekspedisi.

Jika memilih menggunakan layanan door to door, maka barang yang dikirim akan diambil dari alamat tempat barang ke alamat tujuan yang sudah diberikan kepada perusahaan ekspedisi, akan tetapi biasanya tarif layanan ini agak sedikit lebih mahal. Sedangkan layanan door to port merupakan jenis layanan dimana petugas ekspedisi akan mengambil barang di alamat yang diberikan dan barang hanya akan dikirim sampai pelabuhan atau terminal terdekat dari alamat tujuan sesuai persetujuan.

2. Kenali Karakter Dari Barang yang Dikirim

Saat melakukan pengiriman barang ke Makassar maka ada baiknya untuk mengenali karakter barang yang akan dikirim. Hal ini umumnya dilakukan agar menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti barang yang rusak. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menjelaskan kepada petugas jasa ekspedisi barang apa yang akan dikirim sehingga mereka akan mengetahui tindakan apa yang perlu dilakukan.

Umumnya perusahaan ekspedisi akan memperlakukan barang yang dianggap berbahaya, seperti mudah pecah, mudah terbakar, dan lain lainnya secara khusus. Maka tidak mengherankan jika kebanyakan perusahaan ekspedisi akan menanyakan jenis barang kiriman. Malah ada beberapa perusahaan ekspedisi yang menawarkan pelindung tambahan pada barang barang yang mudah pecah, namun pastinya dengan tambahan biaya yang diperlukan.

3. Konfirmasi Biaya Pengiriman yang Dibutuhkan

Tidak ada salahnya jika sebelum melakukan pengiriman barang ke Makassar bertanya tentang biaya kirim. Umumnya biaya yang telah ditetapkan tersebut sudah termasuk dengan biaya supir, bahan bakar, biaya masuk tol, pengepakan, dan juga biaya bongkar muat. Untuk itu pastikan jangan sampai teledor tidak menanyakan harga sehingga harus mengeluarkan uang tambahan jika terjadi kerusakan.

Saat ini sudah banyak perusahaan jasa yang memiliki website dan didalamnya terdapat layanan untuk mengetahui harga kirim barang. Misalnya saja Anda ingin mengirim barang ke kota Makassar, maka tinggal masukan alamat asal dan alamat kota tujuan. Kemudian tidak lupa masukkan berapa jumlah berat barang yang akan dikirim. Tunggu sebentar hingga server memproses dan hasil pencarian akan muncul.

4. Gunakan Asuransi Pengiriman Barang

Tidak jarang barang yang akan dikirim memiliki harga dengan nilai yang mahal. Sehingga semakin mahal barang, maka tingkat kekhawatiran pada pelayanan kiriman barang akan semakin tinggi. Jika Anda ingin tenang saat melakukan pengiriman barang ke Makassar atau kota lain, maka ada baiknya untuk menggunakan jasa asuransi kirim barang terbaik yang ada di Indonesia.

5. Melengkapi Detail Formulir

Pernahkah Anda saat akan mengirim barang, kemudian diberikan berbagai pertanyaan mengenai barang tersebut oleh petugas perusahaan Ekspedisi? Ternyata hal ini sangat membantu agar barang yang dikirim sampai dengan kondisi yang aman dan utuh, tanpa terjadi kerusakan atau cacat. Dengan begitu, Anda bisa menekan pengeluaran karena tidak terjadi kerusakan dan tidak harus mengirim ulang barang.

Umumnya prosedur yang dilakukan oleh perusahaan ekspedisi akan disesuaikan dengan detail formulir yang telah diisi dan dilengkapi. Oleh karena itu, pastikan tidak ada form yang terlewati. Akan lebih baik lagi, jika bisa menambahkan keterangan pada barang seperti “barang mudah rusak”, “barang beku”, atau “barang mudah pecah” pada saat melakukan pengiriman barang ke Makassar atau kota lainnya di wilayah Indonesia.

6. Berikan Label Pada Setiap Pack

Meskipun telah melengkapi form formulir yang diberikan oleh perusahaan ekspedisi, namun akan lebih baik jika setiap pack atau dus yang dikirim tersebut diberikan label. Dimana label yang ditempelkan tersebut berisikan informasi, contohnya saja seperti bagaimana cara memperlakukan barang tersebut. mungkin Anda bisa menambahkan tulisan seperti “barang jangan dibalik”.

7. Simpan Nomor Resi Untuk Melacak Pengiriman Barang

Tips selanjutnya yang perlu diketahui agar bisa mengirim barang dengan aman dan murah yakni selalu simpan nomor resi. Umumnya nomor ini sangat penting bagi para pengirim barang untuk mengkonfirmasi apakah barang siap dikirim dan dimanakah lokasi barang berada. Pasalnya pengiriman ke luar kota atau pulau akan memerlukan waktu yang lumayan lama, sehingga jangan sampai kehilangan nomor resi.

8. Cek Perhitungan Ongkos Kirim

Umumnya perusahaan ekspedisi kirim barang akan memperhitungkan ongkos kirim berdasarkan berat barang dan volume barang. Sehingga saat barang yang akan dikirim melalui ekspedisi Makassar terlalu lebar tetapi sangat berat, maka akan dihitung berdasarkan kiloan. Namun saat barang sangat ringan tetapi membutuhkan ruang yang cukup luas, maka biaya kirim akan dihitung berdasarkan kubikasi atau CMB.

9. Pastikan Surat Jalan dan Surat Tanda Terima

Saat melakukan pengiriman barang ke Makassar atau kota lainnya, maka jangan lupa untuk memeriksa surat jalan dan surat tanda terima. Umumnya surat tersebut akan diberikan sebelum dan sesudah barang dikirim. Untuk itu, pastikan detail isi pada surat jalan sudah sesuai dengan kesepakatan. Tidak hanya itu, pastikan juga detail isi surat terima telah sesuai dengan barang yang sampai.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda ketahui jika ingin mengirim barang. Pastikan untuk menerapkan tips ini agar bisa melakukan pengiriman dengan biaya yang murah dan aman. Namun meskipun ingin mendapatkan ongkos yang murah jangan terlalu fokus dengan hal tersebut, pasalnya kualitas dari perusahaan ekspedisi yang digunakan juga perlu untuk dipertimbangkan. Salah satu jasa ekspedisi aman yang bisa Anda gunakan yakni himejiexpress.com.