Pohon Trembesi Sebuah Tanaman Pelindung yang Baik

Trembesi memiliki banyak sekali nama. Pohon ini adalah sebuah pohon besar dengan ukuran batang yang cukup tinggi dan daun yang lebat. Pohon ini mudah dibedakan dengan pohon lain karena pohon akan tumbuh melebar ke samping dan luas dari daerah yang bisa ditutupi oleh pohon bisa sangat besar bahkan melebihi ukuran tinggi batang pohon itu sendiri. Saat ini pohon trembesi banyak ditemukan sebagai tanaman penyerap air di berbagai tempat.

Pohon ini mampu menyerap air dengan sangat baik. Sering juga disebut dengan rain tree karena pada saat tertentu air akan jatuh dari dahan pohon ini dan membuat area di bawah pohon menjadi basah walaupun tidak ada hujan. Keunikan ini terjadi karena pohon memiliki kemampuan menyerap air yang sangat baik dan memang sangat cocok untuk dijadikan pelindung dan penahan air hujan.

Pohon ini memiliki sensitifitas yang unik terhadap lingkungan. Pada saat mendung atau daun dari pohon akan menutup memungkinkan air jatuh dengan mudah ke akar pohon bahkan walaupun pohon ini memiliki daun yang sangat lebar dan lebat. Walaupun pohon ini sangat cocok sebagai tempat berteduh tapi pohon ini juga sering ditebang ketika berada di tempat umum karena bisa merusak konstruksi dan jalan dengan akar yang tumbuh besar dan luas seperti lebar payung daun dari pohon ini.