Tak Hanya Perhatikan Warna, Cari Tahu 4 Tips Memilih Kurma yang Bagus

 

Tips memilih kurma yang bagus memang menjadi salah satu hal yang perlu untuk anda perhatikan. Hal ini dikarenakan  kurma merupakan makanan yang bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, jika anda memilih yang tepat maka kurma pun bisa tetap awet dan dapat dikonsumsi. Lalu bagaimana cara memilih kurma yang bagus? Cari tahu selengkapnya disini.

Cara Memilih Kurma yang Perlu Anda Tahu

  1. Dengan Memperhatikan Warnanya

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan kurma dengan kualitas bagus adalah dengan memperhatikan waranya. Biasanya kurma yang bagus akan memiliki warna mulai dari coklat kehitaman, merah hingga kuning. Anda hanya perlu dengan melihat kurma dengan warna merata dan tidak memiliki bagian bagian yang rusak.

Selain itu, apabila anda telah menjumpai kurma dengan ciri khas demikian, maka hal tersebut bisa menandakan jika kurma tersebut memang masih segar dan juga sehat. Pasalnya, memang terdapat jenis kurma yang memiliki warna hitam, namun apabila tampilan dari fisiknya sudah tidak bagus, maka kurma tersebut sudah bisa dikatakan tidak segar.

  1. Perhatikan Tampilan Fisiknya

Selanjutnya, tak hanya warna saja anda juga perlu untuk memperhatikan tampilan fisik yang ada pada kurma tersebut. Ciri dari kurma yang telah dikeringkan, umumnya akan memiliki tampilan yang lebih basah karena cairan gula yang mengalir. Akan tetapi, untuk permukaan dari kurma tersebut tidaklah lengket ataupun keras.

Kemudian, tips memilih kurma yang bagus berikutnya adalah hindari untuk memilih kurma yang memiliki kulit telah mengerut. Hal ini dikarenakan sebagai pertanda jika kurma tersebut telah lama disimpan. selain itu, anda juga bisa untuk memilih kurma yang kulit arinya masih menempel dengan baik.

  1. Memperhatikan Ukuran Kurma

Dalam memilih kurma yang bagus, anda juga perlu untuk memperhatikan ukuran kurma. Dengan memperhatikannya, akan menjadi tips penting ketika nanti anda menyimpannya. Ketika mengetahui ukuran kurma, anda pun akan menjadi tahu tentang seberapa banyak kandungan gula dari makanan tersebut.

Sehingga nantinya anda pun akan bisa membatasi konsumsi kurma apabila telah tahu kandungan gulanya. Biasanya satu buah kurma akan memiliki ukuran yakni setengah dari ibu jari orang dewasa. Dimana memiliki berat yakni 7.1 gram, perlu anda ingat jika konsumsi kurma yang baik adalah tidak melebihi dari 40 gram.

  1. Dengan Melihat Kemasannya

Lalu, dalam memilih kurma anda juga perlu untuk memperhatikan kemasannya. Selain itu, jika anda membeli di distributor kurma, anda juga perlu untuk melihat bagaimana tempat kurma tersebut dijual. Lebih baik anda membeli kurma yang memang masih dalam keadaan kemasan tertutup rapat. Tak hanya itu saja, anda juga perlu untuk memperhatikan tanggal kadaluarsanya.

Apabila anda ingin membeli kurma yang tanpa kemasan, anda pun perlu untuk memperhatikan lebih detail bagaimana keadaan tempat kurma tersebut dijual. Pastikan pula kurma yang akan anda beli nantinya tidak terkontaminasi oleh debu dan kotoran. Sehingga akan tetap memiliki kualitas yang baik.

Beberapa tips memilih kurma tersebut bisa langsung anda perhatikan. Hal ini memiliki tujuan agar nantinya anda bisa mendapatkan kurma yang bagus. Tidak hanya itu saja, bagi anda yang ingin menyimpan kurma dalam jangka waktu yang lama, maka anda pun bisa melakukan beberapa hal tersebut dalam memilihnya. Dengan memilih kurma yang tepat dan bagus, maka masa simpan dari makanan ini pun juga akan bertahan lama.